Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Add post

Add question

Memprediksi Hasil Pertandingan Sepak Bola Dengan Model Statistika Sederhana

Sebagai anak teknik informatika, ada saatnya kita belajar statistika. Manfaatnya adalah kita bisa membuat representasi sederhana fenomena alam (yang sifatnya ngga pasti) ke dalam suatu algoritma, atau rumus. Contohnya fenomena Persib. Berapakah kemungkinan tim Persib menang? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita mesti belajar memformulasikan fenomenanya  ke dalam bahasa matematis.  Nah, mata kuliah yang membahas itu adalah Modeling and Simulation. Setelah belajar itu, kamu bisa membuat aplikasinya jika kamu mau. Topik utama artikel pada menu modeling ini adalah manfaat dari belajar kalkulus dan statistika ketika membangun suatu model.

Model adalah representasi sederhana dari dunia nyata (sistem). Permasalahannya adalah dunia ini menyimpan banyak ketidakpastian. Maka, jika kita bisa membuat model yang melibatkan faktor yang ngga pasti ini, “bisa jadi” modelnya lebih merepresentasikan dunia nyata. Dan yang ngga pasti ini HANYA dibahas di statistika.

Mari mulai dari statistika sederhana!

Istilah penting di dalam statistika :

  • Peluang
  • Variabel Acak

A. Peluang

Peluang adalah cara mengungkapkan kepercayaan bahwa suatu kejadian akan terjadi. Contoh,

“Berapakah peluang muncul angka ketika melempar sebuah koin?”

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita perlu me-list dulu semua kemungkinan. Yaitu muncul gambar atau koin (*koin dengan posisi berdiri dianggap tidak mungkin atau kemungkinannya kecil).

List semua kemungkinan itu biasanya ditulis dengan notasi himpunan, semisal

S=\{muncul gambar, muncul angka\}

*S  dibaca semua kemungkinan alias ruang sampel.

Cara menghitung peluang muncul gambar adalah,

P(muncul gambar) = \frac{\textrm{banyaknya muncul gambar di ruang sampel}}{\textrm{semua kemungkinan di ruang sampel}}= \frac{1}{2}

*P  peluang.

Jadi, peluang muncul gambar ketika melempar sebuah koin adalah \frac{1}{2}. Orang kadang menyebutnya 0,5 atau \frac{50}{100} atau 50 persen.

B. Variabel Acak

Cara membuat list dari semua kemungkinan pada contoh di atas sangatlah tidak efisien. Bisakah kita menulis semua kemungkinan dengan cara lain yang lebih singkat ?

Jawabannya, sangat bisa. Merubah atau memetakan kejadian ke suatu bilangan (riil), secara teori disebut variabel acak.

Misal,  S=\{\textrm{muncul gambar},\textrm{ muncul angka}\} dirubah ke S=\{1, 0\}

*Angka 1 menyatakan banyaknya muncul gambar.

Keuntungan dari variabel acak adalah

  • Merepresentasikan masalah ke dalam suatu bilangan riil.
  • Lebih mudah dalam penulisan.

C. Contoh Membuat Model Stokastik Sederhana

Berapakah peluang tim persib memenangkan pertandingan?

https://www.viva.co.id/

 

S=\{\textrm{Persib menang }, \textrm{ seri }, \textrm{Persib kalah} \}

 

\textrm{ Peluang } (\textrm{Persib menang})=\frac{1}{3}

 

Rumus di atas bisa disebut  rumus atau “model sederhana (sangat sederhana). Tentu belum sepenuhnya merepresentasikan dunia nyata.

Insyaallah di artikel berikutnya akan dibahas faktor-faktor yang dilibatkan pada pemodelan pertandingan sepak bola. Tentunya akan menarik karena disertai data riil.

 Dunia ini banyak yang ngga pasti, ada ketidakpastian diantara kepastian~katanya.

Baca Lagi Biar Pinter

  • 65
    Bayangkan kita sedang bosan dan di sekitar kita terdapat banyak buku berserakan, yang mana buku-buku tersebut memiliki masa, bentuk, panjang…
    Tags: $latex, $, kita, rac, yang, di, dari, adalah, kalkulus, belajar
  • 63
    Ketika menduduki bangku SD, kita sudah dikenalkan dengan Teorema Pythagoras untuk mencari sisi miring pada segitiga siku-siku. Tahukah teman-teman darimana…
    Tags: $latex, $, di, kita, sederhana, atas, gambar, rac, yang, pada
  • 63
    Rumus jarak dari dua titik pada koordinat Kartesius akan membawa kita ke masa depan yang lebih cerah dalam sebuah persamaan…
    Tags: $latex, $, yang, kita, kalkulus, belajar, turunan, limit, cara, integral
  • 61
    Nah, limit itu ada ketika limit kanan (-bisa dibaca dekati dari kanan) dan limit kirinya sama. Bahasa matematikanya, $latex \displaystyle \lim_{x\rightarrow…
    Tags: di, limit, $latex, atas, dari, itu, yang, $, turunan, kalkulus
  • 60
    Kawanku yang saya cintai. Ada tiga pilihan ketika menjawab soal sistem persamaan linier (SPL).    1 Tidak ada solusi 2 Solusi…
    Tags: $latex, dari, $, yang, akan, bisa, itu, semua, kalkulus, belajar

About Riad Taufik LazwardiSweet

Lecturer of Mathematics at 1. Bina Tunas Bangsa (now) 2. Fitrah Islamic World Academic School (2019-2020) 3. Kalbis Institute | Managed by Binus (2018-2019) 4. Telkom University (2017-2018) 5. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Leave a reply