Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Add post

Add question

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

Diterjemahkan dari Artikel Yang Dibuat Oleh Sunil Dhawan, ET Online | Diperbarui: 06 Mei 2019, 10,54 AM IST

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan komoditi emas di India diantaranya: budaya, tradisi, hasrat kecantikan, gengsi atau strata sosial dan hasrat mengamankan kekayaan.

Secara tradisional, lonjakan permintaan perhiasan selama musim perayaan dan pernikahan akan menyebabkan kenaikan harga emas.

Dengan permintaan pertahun  sekitar 25 persen dari total permintaan fisik di seluruh dunia, India adalah salah satu konsumen emas terbesar.

Permintaan emas memiliki peran  dalam menentukan harga. Tapi ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh terhadap harga emas.

Menurut sebuah laporan oleh World Gold Council, data tahunan dari tahun 1990 hingga 2015, mengungkapkan bahwa terdapat dua faktor signifikan yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap komoditi emas (perhiasan, dan gabungan batangan dan koin) dalam jangka panjang.

Semua sama, permintaan emas didorong oleh :

1.Pendapatan, yaitu permintaan emas terlihat meningkat sesuai dengan tingkat pendapatan.

Untuk peningkatan 1 persen dalam pendapatan per kapita, permintaan emas naik sebesar 1 persen.

2.Tingkat harga emas, yaitu harga yang lebih tinggi menurunkan tingkat pembelian emas.

Untuk kenaikan harga 1 persen, permintaan emas turun 0,5 persen. ”

Berikut adalah beberapa faktor penting yang berdampak kepada harga emas.

Permintaan konsumsi

Permintaan akan emas di India terjalin dengan budaya, tradisi, kebutuhan untuk mempercantik diri dan keinginan untuk melindungi kekayaan dari depresiasi (penurunan nilai suatu barang).

Menurut sebuah studi oleh World Gold Council yang ditugaskan oleh World Gold Council dan Federasi Kamar Dagang dan Industri India (FICCI), konsumen India memandang emas sebagai investasi dan perhiasan.

Ketika ditanya mengapa mereka membeli emas, hampir 77 persen responden menyebutkan keamanan investasi sebagai faktor utama.

Perlindungan Terhadap Volatilitas

Orang ingin berinvestasi atau membeli emas untuk melindungi diri dari volatilitas dan ketidakpastian.

Preferensi untuk aset fisik membuat rumah tangga India memandang emas sebagai tempat yang aman, aset untuk dibeli ketika aset lain kehilangan nilainya.

Menggarisbawahi daya tarik emas sebagai aset untuk saat-saat baik dan buruk, sebagian besar investor akan membeli emas apakah ekonomi domestik tumbuh atau dalam resesi.

Emas dan Inflasi

Ketika inflasi naik, nilai mata uang turun dan karena itu orang cenderung menyimpan uang dalam bentuk emas. Oleh karena itu, di saat inflasi tetap tinggi dalam periode yang lebih lama, emas menjadi alat untuk lindung nilai terhadap kondisi inflasi. Ini mendorong harga emas lebih tinggi pada periode inflasi.

Catatan : inflasi ada keadaan dimana nilai mata uang menurun. Contoh,  membeli telur dengan harga 1 juta.

Dampak Nilai Mata Uang Rupee-Dolar

Rupee-dolar memiliki peran dalam suku bunga emas India. Namun, tidak berdampak pada harga emas global. Emas sebagian besar diimpor dan karenanya jika rupee melemah terhadap dolar, harga emas kemungkinan akan terapresiasi dalam rupee.

Jadi, rupee yang sudah usang dapat mengurangi permintaan emas di negara ini. Namun, ingat perubahan dalam nilai rupee-dolar tidak berdampak pada tingkat emas dalam mata uang dolar.

Korelasi Dengan Aset Lainnya

Dipercayai oleh beberapa ekonom bahwa emas adalah diversifier portofolio yang sangat efektif karena korelasinya yang rendah ke negatif dengan semua kelas aset utama. Namun, sebagai suatu peraturan, emas tidak menunjukkan korelasi yang signifikan secara statistik dengan kelas-kelas aset utama.

Beberapa menyarankan bahwa ada bukti bahwa ketika ekuitas berada di bawah tekanan, dengan kata lain ketika saham jatuh nilai dengan cepat, korelasi terbalik dapat berkembang antara emas dan ekuitas.

Emas melindungi portofolio seseorang dari volatilitas karena faktor-faktornya, baik di bidang ekonomi makro dan ekonomi mikro yang mempengaruhi pengembalian dari sebagian besar kelas aset tidak secara signifikan mempengaruhi harga emas.

Faktor Geo Politik

Emas biasanya baik selama kekacauan geopolitik dan krisis saat ini atas kemampuan nuklir Korea telah meningkatkan prospek logam kuning.

Krisis seperti perang, yang berdampak negatif pada harga sebagian besar kelas aset, berdampak positif pada harga emas karena permintaan emas meningkat sebagai tempat yang aman untuk dana parkir.

Melemahnya Dolar

Dalam keadaan normal, emas dan dolar berbagi hubungan terbalik. Karena emas internasional dalam denominasi dolar, setiap kelemahan dalam dolar mendorong harga emas dan sebaliknya.

Hubungan terbalik adalah karena pertama, dolar yang jatuh meningkatkan nilai mata uang negara lain.

Ini meningkatkan permintaan komoditas termasuk emas. Ini juga meningkatkan harga. Dan kedua, ketika dolar AS mulai kehilangan nilainya, investor mencari sumber investasi alternatif untuk menyimpan nilai dan emas adalah alternatif bagi para investor tersebut.

Permintaan Emas Di Masa Depan

Menurut beberapa perkiraan, permintaan global untuk emas adalah 1.000 ton lebih dari pasokan yang ada. Dengan tidak adanya kapasitas penambangan baru, sebagian besar emas didaur ulang.

Oleh karena itu, kurang pasokan adalah faktor lain untuk perubahan tingkat emas. Tekanan inflasi dalam ekonomi dunia adalah pendorong positif harga emas.

Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan berupa perempuan-perempuan,  anak-anak,  harta benda yang bertumpuk berupa emas dan perak, kuda pilihan,  hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik.

 

Baca Lagi Biar Pinter

  • 56
    Karena data harga emas merupakan data deret waktu, maka alat atau model yang digunakan untuk memprediksi yang sampai saat ini…
    Tags: yang, dalam, harga, emas
  • 49
    Tulisan ini diterjemahkan dari artikel berjudul : The Mundanity of Excellence: Talent Does Not Determine Success and Why That Terrifies…
    Tags: yang, dalam, dan
  • 46
    Kegundahan manusia dalam mencari hakikat keberadaannya di dunia. Hal ini  dapat dilihat umpamanya pada perkembangan pemikiran manusia dalam memaknai realitas…
    Tags: yang, dan, dalam
  • 45
    Hukum Permintaan Perbandingan terbalik antara harga dan banyaknya jumlah barang yang diminta.  Harga mempengaruhi banyaknya jumlah barang yang diminta. Bila harga…
    Tags: yang, permintaan, harga, dan
  • 39
    Tulisan ini diterjemahkan dari artikel : Data-Driven Design Is Killing Our Instincts | oleh Benek Lisefski Desain tidak lagi subyektif.…
    Tags: yang, dan

About Riad Taufik LazwardiSweet

Lecturer of Mathematics at 1. Kalbis Institute | Managed by Binus (2018-now) 2. Telkom University (2017-2018) 3. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Leave a reply