Bingung

Question

Begini ka,

Saya mau kuliah di jurusan matematika, tapi bingung. Ternyata ada dua jurusan matematika, pendidikan matematika (fkip) dan matematika murni (mipa).

Itu perbedaan sama persamaan  nya apa kak? boleh di jelasin gak?  saya takut nanti salah jurusan.

solved 0
Realdi 2 months 2 Answers 112 views clever 0

Answers ( 2 )

  1. Halo, Realdi.
    Saya coba jawab pertanyaannya sejauh yang saya tahu ya.
    Untuk Pendidikan Matematika, seperti namanya sendiri, memang dikhususkan bagi kita yang ingin menjadi guru di bidang matematika. Jadi di jurusan pendidikan matematika kita tidak sepenuhnya belajar matematika, tapi belajar ilmu pendidikan juga, seperti psikologi perkembangan, pengantar ilmu pendidikan, profesi kependidikan, dll. Akibatnya ilmu matematika yang dipelajari tidak se-spesifik seperti di jurusan matematika sains.
    Nah, kalau Realdi bercita-cita ingin menjadi guru matematika, maka jurusan pendidikan matematika inilah pilihan yang tepat.

    Untuk jurusan matematika (non-dik), kita belajar ilmu matematika secara luas. Perlu diketahui, matematika juga ada banyak cabangnya, lho. Ada matematika komputasi, matematika keuangan, matematika bisnis, statistika, asuransi, analisis, aljabar, kombinatorika, pemodelan, dll. Nah, ketika belajar di jurusan matematika sains, kita akan mengambil salah satu dari konsentrasi tersebut. Saya sendiri mengambil konsentrasi matematika analisis. Kalau Aldi menyukai hal-hal yang berbau coding atau bahasa pemograman, maka bisa mengambil komputasi. Kalau ingin mempelajari teknik mengolah dan menganalisa data, maka bisa mengambil statistika. Kalau ingin melihat bagaimana matematika digunakan untuk memodelkan fenomena di dalam kehidupan, maka bisa ambil pemodelan matematika.
    Jadi ilmu matematika yang dipelajari lebih luas lagi dibandingkan di jurusan pendidikan matematika. Akibatnya prospek kerjanya lebih banyak, yakni bisa menjadi guru, pegawai bank, data analyst, programmer, dll.

    Best answer

Leave an answer

Browse
Browse