Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Add question

Login

Register Now

Your data is secured. So, please complete the form.

Alquran Membuat Seorang Associate Profesor Matematika Berpindah Agama

Jeffrey Lang is an Associate Professor of Mathematics at University of Kansas.

Universitas tersebut merupakan salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat.  Lang dilahirkan di sebuah keluarga Katolik Roma di Bridgeport, Connecticut. Delapan belas tahun pertama dalam hidupnya dia habiskan di sekolah-sekolah Katolik, yang membuatnya memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang hakikat Tuhan.

Setelah beranjak dewasa, Lang mulai mempertanyakan semua nilai yang ada pada saat itu. Semisal politik, sosial hingga agama.

Lang akhirnya  menjadi atheis .

“Jika ada Tuhan, dan Dia penuh belas kasihan dan semua pengasih, lalu mengapa ada penderitaan di bumi ini?

Mengapa Dia tidak hanya membawa kita ke surga?

Mengapa membuat semua orang ini menderita ? ”

Itulah pertanyaan yang muncul di benaknya pada masa itu.

Sebagai dosen muda matematika di Universitas San Francisco, Lang akhirnya dikenalkan dengan agama Islam melalui beberapa teman Muslim yang dia temui di universitas.

“Kami berbicara tentang agama. Saya mengajukan pertanyaan kepada mereka, dan saya sangat terkejut dengan betapa hati-hati mereka memikirkan jawaban mereka, ”kata Lang.

Lang bertemu Mahmoud Qandeel, seorang siswa Saudi yang berwajah agung yang menarik perhatian seluruh kelas begitu dia masuk kelas. Ketika Lang mengajukan pertanyaan tentang penelitian medis, Qandeel menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris yang sempurna dan dengan keyakinan diri yang tinggi.

Pada akhirnya Qandeel secara mengejutkan memberinya salinan Alquran dan beberapa buku tentang Islam. Lang membaca Alquran sendiri. Lang juga menemukan jalannya sendiri ke ruang sholat yang dikelola mahasiswa di universitas. Pada dasarnya dia “menyerah” tanpa banyak kesulitan.

Dia ditaklukkan oleh Alquran.

Dua bab pertama adalah kisah dari pertemuan itu dan itu adalah yang menarik.

“Pelukis dapat membuat mata potret tampak mengikuti Anda dari satu tempat ke tempat lain, tetapi penulis mana yang dapat menulis tulisan suci yang mengantisipasi perubahan harian Anda? “

Setiap malam saya akan merumuskan pertanyaan dan keberatan dan entah bagaimana menemukan jawabannya di hari berikutnya.

Tampaknya penulis sedang membaca ide-ide saya dan menulis di baris yang tepat pada waktunya untuk bacaan saya berikutnya.

Seperti muslim lainnya, Lang melakukan sholat lima waktu setiap hari secara teratur dan menemukan banyak kepuasan rohani.

Dia menemukan shalat Subuh (pra-fajar) sebagai salah satu ritual paling indah dan menyentuh dalam Islam.

Terhadap pertanyaan bagaimana dia merasa sangat menawan ketika pembacaan Alquran dalam bahasa Arab, yang sama sekali asing baginya, dia menjawab; “Mengapa bayi dihibur oleh suara ibunya?”

Dia mengatakan membaca Alquran memberinya banyak kenyamanan dan kekuatan di masa-masa sulit. Sejak saat itu, iman adalah masalah latihan untuk pertumbuhan spiritual Lang.

Di sisi lain, Lang mengejar karir di bidang matematika. Dia menerima gelar master dan doktoral dari Purdue University. Lang mengatakan bahwa dia selalu terpesona oleh matematika.

“Matematika itu logis. Ini terdiri dari menggunakan fakta dan angka untuk menemukan jawaban konkret, ”kata Lang.

“Begitulah cara pikiranku bekerja, dan itu membuatku frustrasi ketika aku berurusan dengan hal-hal yang tidak memiliki jawaban konkret.”

Memiliki pikiran yang menerima gagasan berdasarkan prestasi faktual  membuat mempercayai sebuah agama menjadi sulit karena kebanyakan agama membutuhkan penerimaan dengan keyakinan, katanya.

Islam menarik bagi penalaran manusia.

Lang menikahi seorang wanita Muslim Saudi, Raika. Lang telah menulis beberapa buku Islam yang merupakan buku terlaris di kalangan komunitas Muslim di AS.

Salah satu buku pentingnya adalah, “Bahkan para malaikat bertanya; Perjalanan ke Islam di Amerika ”. Dalam buku ini, Dr. Lang berbagi dengan para pembacanya banyak wawasan yang telah terbentang baginya melalui penemuan dan kemajuan dirinya dalam agama Islam.

Sumber : https://www.islamreligion.com/articles/78/jeffrey-lang-professor-of-mathematics-and-writer-usa/

 

Sumber : matamatapolitik

 

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

About Riad Taufik Lazwardiclever

Lecturer of Mathematics at 1. Kalbis Institute | Managed by Binus (2018-now) 2. Telkom University (2017-2018) 3. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Leave a reply