Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Send Message

Add post

Add question

You must login to ask question.

Perencanaan Pembelajaran : Panduan Lengkap

Jika Anda seorang guru yang mengikuti kurikulum, maka Anda tahu bahwa perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting.

Rencana pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam bagaimana cara siswa Anda memahami dan menyimpan informasi.

Pada artikel ini, kita akan melihat secara komprehensif perencanaan pelajaran yang berpacuan kepada kurikulum, berikut komponen dan tips ketika kita hendak membuatnya.

Memahami Kurikulum

Kurikulum bertujuan untuk menyiapkan pendidikan kelas dunia untuk siswa. Kurikulum berfokus pada pengembangan keterampilan seperti pemikiran kritis, kreativitas, pemecahan masalah, dan pengetahuan akademis. Kurikulum dibagi menjadi beberapa tahapan, dari dasar hingga menengah dan seterusnya.

Komponen Rencana Pembelajaran

Rencana pelajaran adalah garis besar rinci dari tujuan, kegiatan, dan penilaian yang akan berlangsung selama pelajaran. Ini memberikan struktur dan arah bagi guru dan siswa.

Berikut ini adalah komponen penting dari rencana pelajaran:

A. Tujuan: Apa yang Anda ingin siswa Anda pelajari atau capai selama pelajaran? Tujuan harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu.

Specific, measurable, achievable, relevant, and time-bound (SMART).”

B. Kegiatan: Kegiatan apa yang akan Anda gunakan untuk mengajarkan pelajaran? Kegiatan harus bervariasi, menarik, dan interaktif, dan harus memenuhi gaya belajar yang berbeda.

C. Sumber: Bahan dan sumber apa yang akan Anda gunakan selama pelajaran? Ini dapat mencakup buku teks, selebaran, video, dan sumber daya lainnya.

D. Penilaian: Bagaimana Anda akan menilai pemahaman siswa Anda tentang pelajaran? Ini dapat mencakup kuis, tes, proyek, dan metode penilaian lainnya.

Tips Membuat Rencana Pembelajaran

Membuat rencana pelajaran bisa menjadi tugas yang menakutkan, namun tips berikut dapat membantu Anda membuat rencana yang efektif dan menarik:

A. Gunakan pedoman kurikulum : Kurikulum memberikan pedoman untuk setiap mata pelajaran dan tahapan. Gunakan pedoman ini untuk memastikan bahwa rencana pelajaran Anda selaras dengan kurikulum.

B. Mulailah dengan tujuan: Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan pelajaran. Ini akan membantu Anda membuat aktivitas dan penilaian yang selaras dengan tujuan.

C. Gabungkan gaya mengajar-belajar yang berbeda: Siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, dan penting untuk memenuhi semuanya. Sertakan kegiatan yang melayani pelajar visual, auditori, dan kinestetik.

D. Gunakan berbagai sumber: Gabungkan berbagai sumber untuk membuat pelajaran engaging dan menarik. Gunakan buku teks, handout, video, dan sumber daya lainnya untuk membuat pelajaran yang dinamis.

E. Nilai pemahaman siswa Anda: Nilai pemahaman siswa Anda tentang pelajaran melalui kuis, tes, dan proyek. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi area di mana siswa Anda membutuhkan lebih banyak dukungan dan menyesuaikan pengajaran Anda.

Kesimpulan

Perencanaan pembelajaran adalah aspek penting dari pengajaran dengan kurikulum . Rencana pelajaran yang dirancang dengan baik dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam cara siswa Anda memahami dan menyimpan informasi. Dengan mengikuti tips yang diuraikan dalam artikel ini dan menggunakan pedoman kurikulum, Anda dapat membuat rencana pembelajaran yang efektif dan menarik yang akan bermanfaat bagi siswa Anda.

Generate by : open ai

Download template rencana pembelajaran disini!

About Riad Taufik Lazwardiexcellent

"In the middle of difficulties lies opportunities"

Follow Me

Leave a reply