Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Add post

Add question

Nasib Lulusan Sarjana Matematika di Negara Indonesia

Saat ini, banyak masyarakat yang beranggapan bila lulusan sarjana matematika hanya mempunyai prospek karir sebagai guru. Anggapan ini jelas keliru. Prospek karir sarjana matematika sangatlah luas (CareerCast.com ,“The Best Jobs of 2014”, https://www.careercast.com/jobs-rated/best-jobs-2014, diakses  6 Agustus 2018).

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa sarjana matematika mempunyai kemampuan analisis yang kini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Salah satu contoh analisis yang diperlukan adalah analisis tren pengguna internet. Tentu banyak analisis-analisis lainnya yang diperlukan pihak perusahaan.

Selain kemampuan analisis, kemampuan menguasai software atau bahasa pemrograman akan memberikan nilai tambah bagi lulusan sarjana matematika sehingga peluang diterima di perusahaan ternama semakin besar.

Sayangnya, belum ada informasi up to date yang menjelaskan secara lengkap dan komprehensif tentang prospek karir sarjana matematika ini kepada masyarakat.

Karenanya, artikel ini akan membahas prospek karir lulusan sarjana matematika pada tahun 2018. 

1.Data Analyst/ Data Scientist

Data scientist adalah salah satu profesi yang berada dalam bidang interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi.    Simpelnya, seorang data scientist mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha.

Berikut saya paparkan daftar perusahaan yang membutuhkan lulusan sarjana matematika ,

PT Astra Honda Motor

PT Mayora Indah Tbk

JD.ID

2. Aktuaris

PT. Asuransi Sinar Mas

Data prospek karir sarjana matematika di atas diakses pada tanggal 30 Agustus 2018. Tentunya maaasiih banyak lagi perusahaan yang membutuhkan lulusan sarjana matematika.

Kampus Di Indonesia yang Kurikulumnya Disesuaikan Dengan Kebutuhan Industri

  1. Kalbis Institute

Prodi matematika Kalbis Institute kini sedang melakukan penjajakan kerja sama dengan berbagai perusahaan. Kerja sama ini meliputi praktik magang, mata kuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan industri (kurikulum) dan lainnya.

Berbeda dengan kampus lainnya, prodi matematika Kalbis Institute (managed by Binus University) mewajibkan mahasiswanya magang di perusahaan pada semester ke 6. Tentu mahasiswa sudah dibekali dengan mata kuliah yang bersesuaian dengan kebutuhan industri.

Sebelum semester 6, mahasiswa diberi mata kuliah pilihan yang terkait dengan aktuarial science atau data science. Selain itu, prodi matematika Kalbis wajib mengikuti mata kuliah Kalbispreneur (kewirausahaan) selama 4 semester. Untuk mendukung capabilities tersebut, mahasiswa wajib mengambil mata kuliah komunikasi.

Kelebihan prodi matematika Kalbis Institute dengan prodi matematika lainnya adalah

  1. Fokus kepada actuarial science dan data science
  2. Program magang yang bisa diklaim oleh mahasiswa sebagai experience saat interview kerja.
  3. Kurikulum yang selalu diupdate untuk memenuhi kebutuhan industri

Dari Kanan : Herman Sulistyo, AAK, FSAI (Director PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG), Dr. Triyono (Dekan Kalbis Institute), M. Anjar Kuncoro (Executive Director The Society Of Actuaries Of indonesia), Rahmat Sagara,M.Si. (Kaprodi Matematika), Riad Taufik Lazwardi, M.Si (Dosen).

 

Mahasiswa Kalbis Mengikuti Kegiatan READi untuk menyiapkan diri sebagai aktuaris masa depan Indonesia

 

Studium Genarale oleh Ronny Tanzil dari Perusahaan PT AXA General Insurance dengan tema “Akuntansi dan Aktuaria yang Diterapkan Dalam Menganalisis Laporan Keuangan Perusahaan Asuransi”

Mahasiswa Kalbis Institute dari kiri, Kevin fernando dan Fitria mengikuti kegiatan Lomba Mathematical Geometry Day (Mag-D XII) di Institut Teknologi Bandung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat 12 April 2019 hingga Sabtu 13 April 2019

Foto bersama Prof. Hendra Gunawan (ITB) pada acara MaG-D XII

Knowledge Sharing Peluang dan Tantangan Data Science dan big Data dalam Dunia Pendidikan dan Industri : Taufik Edy Sutanto, Msctech., PhD

Penandatanganan MoU dengan tau-data Indonesia diwakili oleh Dekan Fakultas Bisnis Kalbis Institute dan Direktur Utama CV. TAU DATA INDONESIA

Barangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim” [Shahiih Al-Bukhaariy no. 2067]

Baca Lagi Biar Pinter

About Riad Taufik LazwardiSweet

Lecturer of Mathematics at 1. Kalbis Institute | Managed by Binus (2018-now) 2. Telkom University (2017-2018) 3. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Comments ( 3 )

  1. Saya lulus dr matematika, di terima di perusahaan manufaktur sbg akunting finance karena saya lulusan matematika. Kata yang punya perusahaan kaya gitu😅.
    Padahal ga punya basic sama sekali 😂😂

  2. Abdul Malik Fadhilah
    September 19, 2018 at 9:00 am

    Saya lulusan matematika juga.. jadi apa saya? Hehe

Leave a reply