Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Login

Register Now

Kepercayaan Terhadap Bitcoin Dan Kaitannya Dengan Kalkulus

Bitcoin adalah  sebuah uang elektronik, artinya uang yang wujudnya hanya berupa nomial. Berbeda dengan nominal yang ada di ATM, bitcoin sendiri mempunyai kelebihan sebagai berikut :

  1. Tidak ada bank sentral yang mengatur dengan kata lain sistemnya terdesentralisasi.
  2. Tidak bisa dibekukan kalaupun terjerat kejahatan.

Selain 2 kelebihan di atas, saat ini 1 bitcoin bernilai hampir 94 juta (diakses pada tanggal 13 September 2018). Jadi pantas kalau ada yang bilang bitcoin adalah “emas”.

Ada beberapa tipe pengguna bitcoin, diantaranya

Miner

Miner adalah orang yang menambang bitcoin melalui platform yang sudah disediakan.

Sayangnya sekarang-sekarang ini agak susah untuk mendapatkan bitcoin (katanya). Perlu biaya yang tidak kecil semisal listrik, cpu dsb.  Andaikan biaya memperoleh bitcoin tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, misal karena biaya listrik yang mahal, paling tidak akan ada orang yang masih mencari bitcoin di tempat lain yang biaya listriknya msih murah. Faktanya, bitcoin masih diminati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Investasi

Anda tentu sudah biasa mendengar tentang orang yang berinvestasi di emas. Orang tersebut membeli emas, kemudian menjualnya ketika harga mahal. Begitu pun dengan bitcoin, anda bisa membeli dan menjualnya.

 

Bitcoin dan Cryptocurrency

Karena transaksi bitcoin menggunakan internet, maka transaksi tersebut sangat rentan di-hack. Di sinilah peran matematikawan  😎

Orang IT tentu pernah mendengar istilah kriptografi. Kriptografi merupakan ilmu yang membahas tentang bagaimana menyamarkan pesan rahasia sehingga tidak bisa diketahui kecuali oleh penerima. Contoh sederhananya adalah sandi morse. Nah, jika pesan rahasia yang dikirim merupakan data yang berkaitan dengan nominal uang, maka istilahnya adalah criptocurrency.
Kembali ke mata uang yang terdesentralisasi. Siapakah “wasit” dalam sistem bitcoin ini? Jawabannya adalah tidak ada wasit, artinya terdesentralisasi.
Sistem yang terdesentralisasi dibuat dengan cara membuat algoritma sedemikian sehingga algoritmanya tidak bisa di-hack dan  aman bagi pengguna. Maka dibuatlah rantai blok (blockchain). Algoritma yang melibatkan rantai blok ini dipercaya sangat aman dan terdesentralisasi (peer to peer).

Sumber : pemasangan.com

Bitcoin dan Kalkulus
Bagi kita yang pernah belajar kalkulus, kita telah belajar bagaimana mencari fungsi invers. Kaitannya dengan bitcoin adalah di bitcoin terdapat istilah hash (fungsi searah/fungsi yang tidak punya invers). Perhatikan ilustrasi berikut :
x \rightarrow y=f(x)
  • jika tahu y, tidak bisa tahu nilai x.
  • Jika tahu nilai x maka kita tahu y.
Pada bitcoin, ada yang namanya kunci privat dan kunci publik. Jika kita tahu kunci privat maka kita akan tahu kunci publik. Tapi, jika kita tahu kunci publik, kita tidak akan tahu kunci privat.

Rantai-blok

Sumber wikipedia

Rantai yang paling utama (hitam) terdiri dari seri terpanjang yang berasal dari dari blok awal (hijau) dari blok yang sekarang. Blok yang tidak berpemilik (ungu) ada di luar rantai utama. Transaksi apapun yang di siarkan ke node – node lainnya tidak secara langsung menjadi resmi sampai diakui dalam sebuah daftar-waktu yang telah dicap dari semua transaksi yang diketahui, yaitu disebut sebagai rantai blok. Pengakuan ini berasal dari sebuah sistem yang-diyakini-jalan untuk mencegah pengeluaran ganda dan pemalsuan (wikipedia).

Di era industri 4.0 ini, penggunaan uang digital semakin bergairah. Ini bisa menjadi hal baru yang positif maupun negatif.

Satu hal yang menjadi fakta sekarang adalah bahwa akal manusia (melalui algoritma yang dibuat) dipercaya dan digunakan oleh penggunanya untuk memudahkan manusia dalam bertransaksi jual beli.

(underrevision)

Bertakwalah kepada Allah SWT.

 

About Riad Taufik Lazwardiclever

Mathematics Tutor In Jakarta I Whatsapp (082219058052)

Follow Me

Leave a reply