Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Send Message

Add post

Add question

Adakah Konspirasi Dibalik Pemilihan Simbol x di Matematika?

Simbol x selalu muncul di pelajaran matematika sejak  tingkat smp sampai perguruan tinggi. Bahkan simbol ini diadaptasi hingga ke luar konteks matematika semisal brand. Contohnya, X Factor, edX, SapceX, OMEGA X, dan X-Men. Atau contoh lainnya simbol x juga dipakai untuk menunjukan orang yang tidak diketahui atau sengaja tidak disebut namanya, yaitu Mr. x.  Tetapi, apakah kita pernah berfikir :

  • Kenapa yang dipilih simbol x?
  • Siapa yang memulai penulisan simbol x sebagai sesuatu yang tidak diketahui?
  • Buku apa yang memulai penulisan simbol x?
  • Kenapa tidak s (yang diambil dari kata something)?
  • Kenapa tidak u (yang diambil dari kata unkonwn)?
  • Adakah konspirasi dibalik pemilihan simbol x?

Ada beberapa teori yang bermunculan terkait hal ini. Salah satunya yang disampaikan oleh Terry Moore di acara TEDX.

Menurut beliau, pada abad ke-9 tepatnya tahun 813-833 M, simbol x, yang maknanya “sesuatu yang tidak diketahui” ditulis TANPA menggunakan simbol.  Yaitu ditulis sesuai dengan maknanya, “شَيْءٌ” (dibaca : Sya-i-un) yang berarti sesuatu yang tidak diketahui. Ini bisa kita lihat pada buku Aljabar Wa Muqobala karangan Muhammad Al Musa Alkhawarizmi yang ditulis dengan bahasa Arab. Pada abad ini, peradaban Islam memasuki Golden Era dan menginspirasi bangsa lain di berbagai bidang, termasuk matematika.

Sumber : yt ngaji matematika, tedx terry moore

Pada abad ke 11, sampailah buku Aljabar ini ke bangsa Eropa, yaitu Spanyol. Namun ketika hendak diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol terdapat masalah. Yaitu kata syaiun yang berbunyi “sh- ” pada awal kata sulit dilafalkan oleh orang Spanyol. Oleh karena itu, disepakatilah untuk memilih simbol dari “classical greek” \latex \chi yang dibaca “kh-” agar terdengar mirip.

Namun ada juga yang bilang bahwa yang dipilih adalah symbol “xi” yang merupakan huruf ke 14 dari Greek Alphabet  yang juga mempunyai cara baca yang sama, yaitu sha-i. Silahkan cek bagaimana cara baca xi di sini. Atau bagaimana perbedaan cara membaca \chi dan xi di sini.

Sumber : masterofmemory.com

Pemilihan simbol pun berubah ketika buku akan diterjemahkan ke dalam bahasa latin untuk disebar ke kawasan Eropa secara umum. Yang mana bahasa latin memakai aturan alphabet dari a sampai z.

Karena itu, dipilihlah huruf x yang mirip dengan simbol \chi.

Setelah terjemahan ke dalam bahasa latin  terbentuklah dasar buku-buku teks matematika yang menjadi basis buku-buku lainnya dan bertahan hingga saat ini.

Teori di atas banyak dikemukakan oleh para akademia bergelar Phd walaupun katanya tidak ada bukti tertulis yang secara langsung mendukung teori ini. Meskipun begitu teori ini cukup logis dan  “tidak ada bukti bukan berarti bukti tidak ada”, bisa saja buktinya belum kita temui, ya kan?

Adapun yang menentang teori ini berpendapat bahwa proses translate tidak memperdulikan cara baca suatu kata atau phonetic tetapi memperdulikan makna. Tetapi meski alasan ini logis, seharusnya dipilih simbol u dari kata unknown atau s dari kata something.

Lalu buku apa yang memulai penulisan simbol x sebagai sesuatu yang tidak diketahui?

Berdasarkan buku  A History Of Mathematical Notation yang ditulis oleh Florian Cajori, buku yang pertama kali menulis simbol x sebagai sesuatu yang tidak diketahui adalah buku yang ditulis oleh Rene Descartes pada abad ke 16 yang berjudul La Geometrie.

Meskipun bisa jadi Descartes bukanlah orang yang pertama, tetapi setidaknya beliaulah yang mempopulerkannya. Pada bukunya, Descartes memilih simbol-simbol pada awal alphabet seperti a, b, c, … dst   untuk variabel yang diketahui dan akhir alphabet seperti x, y dan z untuk variabel yang tidak diketahui.

Lalu mengapa lebih banyak simbol x daripada simbol y dan z? Tidak ada yang tahu. Ada yang bilang bahwa itu adalah saran dari yang mencetak buku Descartes dengan alasan huruf x jarang digunakan saat mencetak sehingga akan menguntungkan tukang cetaknya.

Sumber : mathematical association of america

Sumber : download.tuxfamily.org

Adapun teori lainnya adalah simbol x diambil dari kata, “xeno”  yang artinya unknown di bahasa Greek.

Jadi, kenapa x dipilih sebagai simbol dari sesuatu yang tidak diketahui ? Pertanyaan ini bisa kita jawab dengan pilihan pilihan teori yang telah dikemukakan di atas. Atau kalau tidak mau ambil pusing, cukup pilih salah satu seperti yang saya lakukan, yaitu dijawab dengan :

Karena katanya orang Spanyol sulit melafalkan “sh-” dari kata “شَيْءٌ” (syaiun) di bahasa Arab.

(under review)

Sumber : reddit.com

 

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 (Barangsiapa yang embacanya 3x sehari, maka tidak ada sesuatu pun yang akan membahayakan dirinya, HR. Tirmidzi)


Sumber : youtube channel ngaji matematika, TED X (Terry More), adrianpradana.com, gizmodo.com

0

Baca Lagi Biar Pinter

  • 80
    [latexpage]   1.$latex \int sin^n x dx  $ 2 $latex \int sin^m x  cos^n x dx$. 3.$latex tan^n x dx$…
    Tags: yang, tahukah
  • 77
    Socrates adalah seorang pemikir lintas disiplin ilmu yang hidup pada rentang tahun 499-369 sebelum masehi. Selama hidupnya beliau habiskan di…
    Tags: yang, tidak, tahukah
  • 70
    Aristotoles hidup selama 62 tahun pada rentang 384 BC - 322 BC. Beliau dilahirkan di daerah yang bernama Stagirus, Macedonia,…
    Tags: yang, tahukah
  • 68
    Web ini dilengkapi dengan : Aplikasi Kalkulus Di Informatika Forum Tanya Jawab Tahukah? (artikel menarik tentang kalkulus) Akun Web Agar…
    Tags: yang, tahukah
  • 58
    Hai guys! tak terasa udah tanggal 9 Januari 2021. Gimana kabarnya? semoga sehat yaaa. Sekarang untuk sehat Rp.250.000 lho,..hehe Gimana…
    Tags: tidak, yang, tahukah

About Riad Taufik Lazwardiexcellent

Lecturer of Mathematics at 1. *************** 2021 2. Bina Tunas Bangsa (2020 - now) 3. Fitrah Islamic World Academic School (2019-2020) 3. Kalbis Institute | Managed by Binus Unibersity (2018-2019) 4. Telkom University (2017-2018) 5. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Leave a reply