Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Send Message

Add post

Add question

Pemikiran Radikal Galileo Hingga Menjadi Tahanan Rumah dan Dibunuh

Galileo adalah orang yang bertanggung jawab atas lahirnya sains modern.

Pemikiran radikalnya tidak lantas terhenti oleh pemikiran Gereja Katolik ,yang saat itu dianggap sebagai kebenaran mutlak yang tidak boleh dibantah.

Contoh pemikiran radikalnya adalah manusia dapat memahami cara kerja dunia. Dan manusia dapat melakukannya dengan mengamati dunia nyata.

Selain itu, sejak awal Galileo percaya teori Kopernikus (planet-planet mengelilingi matahari) yang ditentang gereja. Namun dia baru mulai terang-terangan mendukung teori itu ketika sudah menemukan bukti yang diperlukan untuk mendukungnya.

 

Dia menulis mengenai teori kopernikus dengan bahasa Italia (bukan bahasa Latin akademia seperti kebiasaan pada zaman itu). Karenanya, Galileo mendapat banyak dukungan dari luar universitas-universitas bukan dari pihak gereja.

Karena ulahnya itu, para profesor pengikut Aristoteles membujuk Gereja Katolik untuk melarang teori Kopernikus. Galileo yang saat itu khawatir, pergi ke Roma untuk berbicara dengan petinggi gereja.

Menurutnya, Alkitab tidak dimaksudkan untuk menyatakan apa pun mengenai teori-teori sains.

Tetapi, karena gereja katolik takut ada skandal yang bisa merusak usahanya melawan protestanisme, maka gereja bertindak represif. Gereja menyatakan kopernikanisme “palsu dan keliru” pada tahun 1616, dan memerintahkan Galileo agar tak pernah lagi “membela atau menganut” doktrin tersebut. Galileo pun menurut.

Pada tahun 1623, seorang sahabat Galileo menjadi Paus. Lantas  Galileo pun langsung mencoba meminta pembatalan keputusan 1616.

Tapi gagal, namun dia masih mendapat ijin untuk menulis buku yang membahas teori Aristoteles dan Kopernikus.

Pihak gereja lantas meminta  dua syarat. Pertama, dia tidak boleh memihak. Kedua,  dia harus menyampaikan kesimpulan bahwa manusia tidak bisa menentukan cara kerja dunia karena Tuhan dapat menghasilkan efek yang sama dengan cara-cara yang tak terbayangkan oleh manusia.

Intinya, manusia tidak bisa membatasi kemahakuasaan Tuhan.

Buku yang diijinkan untuk ditulis itu judulnya, dialogo sopra i dui massimi sistemi del mondo (dialog mengenai dua sistem dunia utama) diselesaikan dan diterbitkan pada tahun 1632, dengan dukungan penuh badan sensor dan langsung disambut di seantero Eropa sebagai mahakarya sastra dan filsafat.

Tak lama kemudian, Paus menyadari bahwa orang-oranh memandang buku itu sebagai argumen meyakinkan yang mendukung teori kopernikus.

Oleh karena itu, Paus menyesal pernah memperkenankan menerbitkan bukj dialogo.

Akhirnya, Paus berkata bahwa walau buku itu sudah direstui sensor, Galileo tetap melanggar keputusan 1616.

Galileo pun dijatuhi hukuman tahanan rumah selama seumur hidup dan diharuskan menyangkal kopernikanisme di depan umum.

Galileo pun menurut untuk kedua kalinya.

Galileo adalah umat Katolik yang setia. Tapi keyakinannya akan independensi sains tak hancur. Empat tahun sebelum kematiannya pada tahun 1642, selagi Galileo masih menjadi tahanan rumah, naskah bukunya diselundupkan ke penerbit di Belanda.

Buku tersebut berjudul , diskursus dan demonstrasi matematika atas dua sains baru. Buku tersebut menjadi titik kelahiran fisika modern- lebih daripada -buku sebelumnya yang merupakan dukungannya terhadap kopernikus.

(under review)

Sumber : Stephen Hawking, A Brief History Of Time

Tiada Tuhan selain Allah

 

 

0

Baca Lagi Biar Pinter

  • 59
    Walaupun Einstein keturunan yahudi, dia menolak gagasan adanya Tuhan di dalam Alkitab. Ini menyebabkan dia tidak dekat dekat dengan komunitas…
    Tags: dia, untuk, tidak, dengan, itu, dan, karena, tahun, pada, tahukah
  • 51
    Isaac Newton bukanlah orang yang menyenangkan, begitu kata kebanyakan orang di masanya. Hubungannya dengan para cendekiawan lain terkenal tidak baik.…
    Tags: yang, itu, dan, dengan, tahukah, sejarah
  • 45
    Simbol x selalu muncul di pelajaran matematika sejak  tingkat smp sampai perguruan tinggi. Bahkan simbol ini diadaptasi hingga ke luar…
    Tags: yang, tidak, tahukah
  • 40
    Aristotoles hidup selama 62 tahun pada rentang 384 BC - 322 BC. Beliau dilahirkan di daerah yang bernama Stagirus, Macedonia,…
    Tags: yang, buku, dan, menjadi, tahukah
  • 40
    Socrates adalah seorang pemikir lintas disiplin ilmu yang hidup pada rentang tahun 499-369 sebelum masehi. Selama hidupnya beliau habiskan di…
    Tags: yang, tidak, itu, tahukah

About Riad Taufik Lazwardiexcellent

Lecturer of Mathematics at 1. Bina Tunas Bangsa (now) 2. Fitrah Islamic World Academic School (2019-2020) 3. Kalbis Institute | Managed by Binus (2018-2019) 4. Telkom University (2017-2018) 5. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Leave a reply