Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Send Message

Add post

Add question

Francis Hauksbee Temannya Isaac Newton

Pada abad ke 17, ketika Isaac Newton masih hidup. Ketika orang Indonesia sedang dijajah Belanda. Ketika peradaban Islam yang berpusat di kerajaan Usmani di Turki mengalami kemunduran. Ketika malam-malam di bumi masih sunyi, senyap, gelap dan tenang. Ketika ideologi ketuhanan berperang dengan ideologi rasionalitas.

Terdapat seorang manusia bernama, Francis Hauksbee. Francis diajak temannya Isaac Newton untuk nongkrong ngopi bareng di Royal Society. Sebuah organisasi yang mempunyai visi dan misi di bidang ilmu sains.

Francis pun mau. Francis lantas iseng-iseng membuat  pompa penghisap udara.

Sebuah pompa yang erdasarkan informasi yang diperoleh dari BBC dan royalsociety publishing, pompa tersebut salah satunya berguna untuk membuat “percikan”.

Ya, percikan, layaknya cahaya. Yang mana saat itu manusia mencoba memahami alam, seperti petir dan kemudian mencoba membuatnya.

Seandainya, kita bisa membuat cahaya layaknya petir mungkin kita bisa membuat cahaya semisal itu lalu kemudian menerangi bumi saat malam tiba”.

Mungkin itulah yang ada dibenak Kang Hauksbee. Dan inilai mesin rancangannya :

Sumber : royalsociety publishing

Mesin di atas, apabila digabung dengan alat  :

Sumber : wikipedia

maka akan tercipta cahaya. Cahaya biru, yang berada di dalam bola lingkaran. Terbentuknya cahaya dikarenaka ada gesekan antara bola dan … yang kemudian apabila tangan manusia ditempelkan pada bola tersebut, maka akan muncul cahaya di sekitar tangan.

Fungsi daripada mesin pompa udara buatan Francis adalah mengeluarkan udara dari dalam bola.

Nah, dari sinilah pengetahuan tentang listrik berawal. Yaitu berawal dari abad 17.

(under review)

“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian siang dan malam, kapal yang berlayar di laut yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati, dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, sungguh merupakan tanda-tanda bagi orang yang mengerti”.

 

0

Baca Lagi Biar Pinter

  • 55
    Masih pada abad ke-17. Seorang pemikir dari negara Inggris mengasumsikan dan kemudian membuat kesimpulan bahwa listrik hanya dapat mengalir pada…
    Tags: yang, dari, dan, pada, listrik, dengan, kemudian, penemu, tahukah
  • 41
    Isaac Newton bukanlah orang yang menyenangkan, begitu kata kebanyakan orang di masanya. Hubungannya dengan para cendekiawan lain terkenal tidak baik.…
    Tags: newton, yang, itu, dan, dengan, tahukah, isaac
  • 39
    Adalah seorang profesor dari negeri Belanda yang mempunyai ide menyimpan listrik di dalam toples berisi air. Tak heran jika listrik…
    Tags: di, yang, listrik, dari, dan, dengan, tahukah
  • 34
    Kegundahan manusia dalam mencari hakikat keberadaannya di dunia. Hal ini  dapat dilihat umpamanya pada perkembangan pemikiran manusia dalam memaknai realitas…
    Tags: yang, dan, di, dengan, manusia
  • 32
    Belajar Konsep Dasar Machine LearningTulisan ini diterjemahkan dan diedit dari sumber introduction machine learning mit opencourseware. Manfaat : Membuat Mesin Yang Bisa Belajar dan…
    Tags: yang, dan, itu

About Riad Taufik Lazwardiexcellent

Lecturer of Mathematics at 1. *************** 2021 2. Bina Tunas Bangsa (2020 - now) 3. Fitrah Islamic World Academic School (2019-2020) 3. Kalbis Institute | Managed by Binus Unibersity (2018-2019) 4. Telkom University (2017-2018) 5. UIN Bandung (2015-2018)

Follow Me

Leave a reply