Register Now

Login

Lost Password

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.

Send Message

Add post

Add question

You must login to ask question.

Apakah Bisnis Itu?

Di masa pandemik ini, banyak keluarga yang memulai usaha. Bahkan ada keluarga yang mendadak kaya. Karenanya mari kita bahas sekilas tentang usaha. Pertama,  usaha dalam bahasa Arab adalah ikhtiar sedangkan dalam bahasa inggris adalah business (bisnis)

Lantas, apakah bisnis itu?

“Bisnis adalah suatu organisasi atau perorangan  yang mengusahakan laba (profit)”. Namun, jawaban ini dibantah oleh Peter Drucker, pakar manajemen yang terkenal.

Satu-satunya tujuan dari suatu bisnis adalah mencipatakan pelanggan. Maka dari itu tidak aneh jika suatu perusahaan akan menghabiskan waktu yang cukup besar untuk memperoleh dan mengelola pelanggan.

Kalau demikian, apa yang dimaksud dengan laba?

Peter Drucker mengatakan bahwa, “Laba merupakan alat ukur untuk mengetahui apakah bisnis kita berjalan dengan lancar atau tidak”.

Jadi, bisnis dimulai dengan mendapatkan pelanggan.

Kenapa tidak dimulai dengan produk atau jasa?

Karena banyak juga seseorang mendapatkan keutungan dikarenakan relasi. Misalnya, kita memakai baju baru. Kemudian teman kita bertanya, “Bajunya bagus bangettt…, beli dari mana?”. Situasi seperti ini adalah peluang bagi kita untuk menawarkan produk baju tersebut.

Jadi, faham kan bisnis tidak harus selalu dimulai dari produk atau jasa.

 

(under revision)

About Riad Taufik Lazwardiexcellent

"In the middle of difficulties lies opportunities"

Follow Me

Leave a reply